Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2014, 19:36 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber dailymail
KOMPAS.com - Dunia film tak bisa dipisahkan dari dunia fesyen. Selama perkembangannya, masyarakat cukup dikejutkan dengan kekuatan fesyen sebagai bagian dari sejumlah jalan cerita film sukses. Tak hanya itu, selain menarik dan kecapakan peran para bintan, banyak film mencetak tren berbusana jadi ikon dan laris manis di pasaran.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh British Heart Foundation mengungkapkan, bahwa sampai saat ini ada beberapa busana film yang ikonik dan populer di dunia fesyen. Namun kebanyakan tren mode yang melekat dalam ingatan, karena desainnya yang khas diangkat dari kisah atau peran dari film-film kuno (dalam kurun waktu tahun 1939-2001). Busana-busana ini antara lain:

1. Gaun halterneck putih Marilyn Monroe yang mengembang saat tertiup angin. Gaun ini digunakan dalam film The Seven Year Itch (1955).
2. Gaun berwarna biru lengkap dengan celemek motif kotak-kotak (gingham dress) dan sandal berwarna merah ruby yang digunakan Dorothy. Gaun ini populer dalam film Wizard of Oz (1939).
3. Celana kulit hitam dan selop merah Olivia Newton John yang digunakan dalam film Grease (1978).
4. Bikini putih Ursula Andress dalam film Dr No (1962).
5. Gaun hitam tanpa lengan ikonik dari Audrey Hepburn dan kalung mutiaranya. Gaun ini dipopulerkan oleh Audrey untuk peran Holly Golightly di film Breakfast at Tiffany (1961).
6. Baju renang merah dalam film Baywatch (1989-2001).
7. Jaket kulit merah Michael Jackson dalam Thriller (1983).
8. Gaun merah heartshape yang digunakan Jessica Rabbity dalam film animasi Who Framed Roger Rabbit (1988).
9. Baju cut-out berwarna putih dan biru dengan denim serta jaket merah yang digunakan Julia Roberts dalam film Pretty Woman (1990).
10. Gaun klasik berwarna hitam dan putih Grace Kelly dalam film Rear Window (1954).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com