Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Selera Busana Para Muslimah di London

Kompas.com - 24/01/2014, 11:03 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Sekalipun di kota London, Inggris mayoritas penduduknya beragama Kristen, namun tetap ada masyarakat Muslim di negara ini. Bahkan masyarakat Muslim perempuan di kota London juga ternyata banyak yang menggunakan jilbab dalam keseharian mereka.

"Meski tak sebanyak di Indonesia namun muslimah yang menggunakan jilbab juga berani tampil gaya dan modis seperti muslimah di Indonesia," ungkap Dian Pelangi beberapa waktu lalu di Jakarta.

London, disinyalir menjadi salah satu kota di Eropa yang menjadi jalur sutera dan pusat berkumpulnya para kaum jetset Muslim dari kawasan Timur Tengah. Sehingga jika sebuah busana muslim sudah berhasil dijual di London, maka kaum jetset ini akan rela membelinya berapa pun harganya.

"Jika Indonesia tidak hati-hati, London bisa menjadi lawan utama dalam upaya pemerintah menjadikan Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia," kata perempuan yang mendapat kesempatan untuk menampilkan koleksi busananya di Haute Arabia, London, 17 Januari 2014 lalu.

Soal penampilan, muslimah Indonesia dan Inggris memang sama-sama tampil modis dan gaya saat berhijab. Namun, Dian mengungkapkan bahwa selera berbusana muslimnya cukup berbeda. "Muslimah London itu lebih suka busana yang bling-bling dan glamor," paparnya. Selain itu, Dian juga mengungkapkan bahwa mereka juga menyukai busana-busana berwarna cerah.

Uniknya, mereka juga ternyata sangat menyukai busana-busana muslim yang dibuat dari kain tradisional Indonesia. Misalnya, songket. Songket, menurut Dian, sangat disukai karena bahannya halus, stylish, dan tebal, sehingga sangat cocok untuk dipakai saat udara sedang dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com