Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2014, 12:21 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis


KOMPAS.com - Dengan begitu banyaknya mitos keliru seputar perawatan kulit, bagaimana mungkin keinginan kita untuk memiliki kulit yang cerah dan bebas jerawat bisa terwujud? Yuk, update pengetahuan Anda seputar perawatan kulit yang benar.

Mitos 1: Mengenakan tabir surya tiap hari terlalu berat untuk kulit berminyak

Untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet, memakai produk tabir surya seharusnya menjadi bagian dari rutinitas. Jika Anda mempunyai jenis kulit berminyak, pilihlah produk yang lebih ringan sebelum memakai make up atau gunakan foundation dan pelembab dengan kandungan tabir surya di dalamnya.

Mitos 2: Untuk mencegah komedo bersihkan minyak di wajah

Kulit berminyak memang harus dikontrol agar kulit cerah dan sehat, namun menghapus minyak secara berlebihan justru akan menyebabkan timbulnya jerawat atau komedo.

Mitos 3: Agar wajah cerah, perlu pengelupasan kulit

Pengelupasan secara berlebihan dapat menghilangkan minyak penting di kulit dan menyebarkan bakteri. Hindari melakukan scrubbing setiap hari.

Mitos 4: Anda tidak harus menggunakan pelembab pada kulit berminyak

Kulit yang berminyak juga tetap perlu hidrasi. Bahkan, kulit berminyak yang menjadi kering akan mengirim sinyal pada tubuh untuk memproduksi lebih banyak minyak. Pilih produk pelembab yang memang untuk kulit berminyak.

Mitos 5: Tidur cukup merupakan obat untuk menghilangkan kantung mata

Alergi, vena bengkak di bawah permukaan kulit atau diet tinggi garam juga dapat menjadi penyebab munculnya kantong di bawah mata.

Mitos 6: Cara terbaik untuk menyingkirkan komedo adalah dengan mengeluarkannya

Mengeluarkan komedo secara paksa pada kulit dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut. Selain itu setelah dikeluarkan pori-pori akan terisi minyak kembali. Pastikan kulit wajah bersih, segar dan bebas dari residu kosmetik untuk mencegah penyumbatan pori-pori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com