Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gebyar Indonesia Fashion Week 2014 Gaungkan Semangat Cinta Produk Lokal

Kompas.com - 20/02/2014, 17:29 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com- Perhelatan akbar Indonesia Fashion Week 2014 kembali digelar untuk kali ketiga. Masih mengusung semangat yang sama dari tahun lalu, yaitu memajukan industri mode lokal agar semakin dikenal dan diakui secara global. Sehingga, kampanye cinta produk lokal terus dihembuskan pada perhelatan yang berlangsung

Alasan di balik dari kampanye Local Movement ini didasarkan dari perkembangan mode yang pesat di Indonesia. Perancang busana dan penikmat mode, keduanya saling bersinergi dalam berkarya juga memberikan apresiasi positif.

Pada tahun ini, IFW tidak hanya menawarkan “konsep” atau “ide”, tetapi juga membagi ilmu untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat mode dunia, atau setidaknya di kawasan Asia. Didukung oleh empat kementerian Republik Indonesia, maka lahirlah Blue Print Fashion yang menggaungkan semangat ready to wear.

“IFW ini bukan hanya sekedar pameran yang dilakukan tiap tahunnya. IFW timbul dari gagasan beberapa pihak yang punya mimpi agar Indonesia bisa jadi pusat fesyen dunia. Perhelatan inilah salah satu langkah untuk menuju mimpi tersebut,” ujar Maria Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pada sambutan pembukaan IFW yang  berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (20/2/2014).

Lebih lanjut, Maria Elka Pangestu juga menyampaikan bahwa produk busana ready to wear yang akan dipamerkan pada IFW akan bernapaskan budaya lokal dan urban, tujuannya supaya memudahkan busana karya perancang lokal untuk tampil lebih menonjol di pasar global.

“IFW muncul dengan ide menyatukan potensi desainer dan brand. Melalui inilah, kita bekerja bersama-sama sehingga mewujudkan mimpi yang ingin dituju,” lanjutnya.

IFW tahun ini juga bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Garmen Indonesia (APGAI), keduanya memadukan kreativitas desainer dan kemapanan label ritel lokal.  Selain itu, akan digelar pula rangkaian pameran , pergelaran busana, talkshow dan workshop, serta kompetisi yang diikuti lebih dari 512 brand lokal. Selama tiga hari mendatang, gelaran akbar ini  menargetkan 52.000 pengunjung.

Ingin melihat kekayaan fashion lokal Indonesia? Kunjungi dan saksikan sendiri betapa indahnya karya-karya fesyen lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com