Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Cepat Langsing, Imbangi Diet dengan Hidup Bebas Stres

Kompas.com - 26/02/2014, 17:10 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Upaya diet ketat dan rutin nge-gym untuk menurunkan berat badan bisa gagal total jika Anda masih membiarkan stres sebagai bagian dari hidup Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Kentucky, AS, mengungkapkan, jika ingin sukses melangsingkan tubuh, apa yang dimakan sama pentingnya dengan apa yang membebani pikiran Anda.

Penelitian itu membandingkan dua kelompok para pelaku diet. Pertama adalah kelompok yang diberi instruksi untuk melakukan pola makan dengan teknik intuitif (mengikuti kata hati dalam memilih mana makanan yang baik dan porsi yang tepat), serta kelompok kedua diajari teknik mengendalikan stres.

Setelah tujuh minggu, anggota dari kelompok pertama tidak menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan. Sementara itu, para pelaku diet yang diajari untuk mengendalikan stres berhasil turun berat badan sekitar 7,7 kilogram.

Ketua peneliti Kelly Webber, Ph.D, menjelaskan, pada banyak kasus kegemukan stres adalah pemicunya. "Banyak orang yang memilih makan sebagai bentuk pelarian dari masalah. Itu sebabnya mereka makan terlalu banyak dan mengasup makanan tidak sehat sebagai respon dari stres," katanya.

Itu sebabnya, menurut Webber, jika stres bisa dikendalikan maka sebenarnya akar masalah dari keinginan untuk makan bisa dihilangkan. Dengan demikian kita lebih bisa mengatur pola makan secara sehat. Berat badan ideal pun lebih mudah kita dapatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com