Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2014, 13:26 WIB

Kompas.com - Diet dan menjaga kesehatan dengan hati-hati makan memang penting. Apalagi menjaga berat badan agar proporsional. Namun seringkali mereka yang menjalani diet ketat malah menyiksa diri sendiri. Lalu apa indikasinya jika diet yang Anda laksanakan malah menyiksa diri Anda?

Tanda pertama Anda terobsesi dengan angka di timbangan berat badan. Sebenarnya tidak apa-apa jika mengecek timbangan namun jika terlalu terobsesi naik turunnya angka timbangan yang tipis maka itu tidak sehat.

Fluktuasi berat badan itu normal dalam waktu satu hari jadi jangan terlalu dipikirkan sampai membuat kesal. Makanan yang belum dicerna dalam tubuh dan cairan yang belum diserap berpengaruh dalam fluktuasi berat badan.

Jangan mengikat harga diri Anda pada kebiasaan diet. Tidak perlu takut untuk mengakui pada teman dan keluarga bahwa Anda sedang diet dan jangan terlalu sensitif jika teman bercanda akan berat badan Anda.

Perhatikan faktor psikologis Anda dalam berdiet sebab diet tidak instan dan butuh waktu. Anda akan mengalami masa-masa bosan diet dan ingin makan makanan biasa. Jangan sampai diet malah merusak psikis bahkan hubungan sosial Anda, seperti menolak kumpul dengan teman karena mengira akan diberi makan makanan yang tidak sehat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com