Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Wanita Lebih Suka Pria Berpostur Tinggi?

Kompas.com - 12/03/2014, 10:42 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber dailymail

KOMPAS.com — Penampilan fisik tak dimungkiri adalah faktor utama daya tarik seseorang. Bukan hanya wajah tampan yang disukai wanita, melainkan terutama adalah postur tubuh yang tinggi.

Kebanyakan wanita mengidamkan pasangan yang memiliki postur lebih tinggi dari dirinya. Perbedaan ketinggian yang disukai adalah sekitar 12 sentimeter. Demikian menurut hasil survei yang dilakukan terhadap 2.000 orang dewasa di Inggris.

Sebanyak 70 persen responden wanita setuju bahwa mereka merasa lebih nyaman jika pasangan mereka bertubuh lebih tinggi dari dirinya. Sebanyak 1 dari 5 wanita mengatakan, perbedaan ketinggian yang ideal antara pria dan wanita adalah sekitar 12 sentimeter, sementara 1 dari 10 responden menjawab lebih menyukai tinggi yang sejajar.

Hasil penelitian juga menunjukkan, tinggi badan adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap ketertarikan seorang wanita terhadap lawan jenisnya. Hanya 14 persen responden yang menjawab tak masalah jika pasangan mereka bertubuh lebih pendek.

Jawaban para wanita tersebut tampaknya tak berbeda dengan para pria. Dalam sebuah survei lain ternyata para pria juga merasa kurang percaya diri jika mereka menyukai wanita yang berpostur tubuh lebih tinggi.

Walau survei ini dilakukan di Inggris, tetapi secara global kaum wanita memang menyukai pria yang berpostur tubuh tinggi. Jika Anda melihat ke sekeliling, kita juga akan mendapati kebanyakan pria berpasangan dengan wanita yang lebih pendek dari tingginya.

Postur tubuh yang tinggi merupakan salah satu ciri "maskulin" dari seorang pria. Pria bertubuh tinggi juga dilihat lebih dominan, gagah, dan tegas. Dalam konteks evolusi, pria bertubuh tinggi dinilai lebih mampu melindungi pasangan dan keturunannya. Tinggi badan juga termasuk faktor genetik yang diturunkan kepada anak-anaknya.

Penelitian lain yang dilakukan tahun 2000 menyebutkan, pria bertubuh tinggi lebih mungkin memiliki jumlah keturunan yang banyak dibanding pria bertubuh pendek.

Faktor lain yang menyebabkan mengapa wanita menyukai tubuh tinggi adalah karena postur tinggi menyebabkan seorang wanita merasa lebih kecil, terlindungi, dan juga merasa lebih "feminin". Dengan semua alasan tersebut, tanpa disadari seorang wanita secara alamiah akan lebih mencari pria yang posturnya lebih tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com