Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak "Ngeyel" Keterampilan Sosialnya Berkembang Lebih Pesat

Kompas.com - 28/04/2014, 16:30 WIB
KOMPAS.com - Ada banyak manfaat anak senang berdebat. Untuk itu, tanggapi dan respons dengan tepat si ngeyel itu agar manfaat itu didapat. Meski mungkin Anda kesal karena anak seolah anak tidak mau kalah dan enggak mau salah.

Apa saja manfaat yang bisa dipetik manakala anak doyan berargumen bahkan berdebat? Dengan arahan positif dan bimbingan dari orangtua, maka dapat diperoleh manfaat antara lain:

* Melatih dan meningkatkan keterampilan berbahasa dan kualitas kecakapan berbicara/berkomunikasi anak.
* Melatih kemampuan anak untuk mengutarakan ide-ide atau gagasan-gagasannya sehingga meningkatkan logika dan analisisnya.
* Menambah kepercayaan diri bagi anak dalam mengutarakan pendapat.
* Melatih anak untuk belajar memiliki sikap yang asertif (mampu mengomunikasikan pendapat, pikiran dan perasaannya secara efektif, namun tetap menghargai diri sendiri dan orang lain)
* Anak mampu melakukan cara-cara melakukan pertukaran informasi melalui argumentasi bahkan berdebat.

Sebuah riset baru yang dilakukan di Universitas Cambridge menyebutkan bahwa perdebatan seorang anak dengan saudaranya sebenarnya akan meningkatkan kemampuan sosial, kosa kata dan perkembangannya.

Claire Hughes, dari Newnham College Universitas Cambridge mengatakan bahwa keterampilan sosial dari anak-anak dapat berkembang pesat dengan adanya interaksi dengan saudara dalam setiap hal.

Semakin agresif anak-anak tersebut, semakin sering mereka berdebat dan anak yang lebih tua akan mengalahkan anak yang lebih muda, maka mereka alan semakin belajar hal-hal yang kompleks terkait dengan komunikasi dan bahasa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com