Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2013, 15:37 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

KOMPAS.com – Peran ibu dan ayah bagi seorang anak sangatlah penting. Bahkan ada yang mengatakan, anak perempuan lebih dekat dengan ayahnya daripada sebaliknya. Apa ya, kira-kira alasannya?

Kedekatan anak-anak dengan figur ayah sudah tidak bisa diragukan lagi. Walaupun sang ayah jarang di rumah, akan tetapi kedekatan mereka mampu mengalahkan kedekatan mereka dengan sang ibu.

Penyebabnya ternyata, karena anak-anak selalu mendapatkan atau memperoleh apa yang diinginkannya dari ayah. Hal ini diungkapkan oleh 45 persen responden yang mengikuti polling KompasFemale baru-baru ini. Sebanyak 38 persen responden mengatakan karena ayah lebih sering bermain dengan anak ketimbang dengan ibu. Sementara 16 persen lainnya mengatakan, para ayah tidak pernah marah pada anak mereka.

Jadi, alasan utama mengapa anak-anak menjadi lebih dekat dengan ayah, tak lain karena mereka dapat memperoleh apapun dari ayah, dibandingkan dari ibu. Terlebih lagi, jika Anda kerap memarahi anak, walaupun niatnya untuk mengajari dan mengarahkan anak pada perilaku yang lebih baik. Cara ini ternyata malah dapat menyebabkan anak menjadi pemalas.

Jika Anda ingin si kecil dekat dengan Anda, coba ubah cara berkomunikasi Anda bersama sang anak. Contohlah bagaimana relasi mereka dengan ayahnya, dan jadilah ibu yang lebih dicintai oleh anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com