Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2013, 15:41 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Dua tahun lalu peserta lomba lari dengan rintangan, Urbanathlon ini mencapai peserta 1000 orang. Kompetisi berlisensi internasional yang pertama kali digelar di AS ini tidak hanya menguji ketahanan berlari tapi juga nyali, stamina, kekuatan, dan kelincahan. Jika dulu hanya enam rintangan, kali ini bertambah jadi delapan rintangan. 

 
"Tahun ini skalanya lebih besar, 8 kilometer dengan 8 jenis rintangan, yang pastinya akan lebih menantang dan memacu adrenalin," ujar Nino Sujudi, Chief Operational Officer MH Urbanathlon 2013, di Only One Club fX Sudirman, Jakarta, Kamis (5/9/2013). 
 
Urbanathlon kedua ini digelar pada 15 September 2013 dengan delapan rintangan, yakni water barrier atau lompati pembatas di jembatan Semanggi barat, lari naik tangga di gedung Chase Plaza, monkey business atau aksi bergelantungan di gedung Chase Plaza, merangkak di bawah jaring setinggi 40 cm di gedung Chase Plaza, lompat ban di jembatan Semanggi Timur, jembatan keseimbangan di fX  entertainment centre, water pool di fX entertainment centre dan diakhiri wall climb setinggi 2,4 meter di Plaza Selatan Senayan.
 
"Dua rintangan tambahan, yakni vertical running dan water pool, jadi lagi-lagi ini bukan kompetisi lari biasa, tapi benar-benar menguji kemampuan fisik dan mental peserta," tambah Nino. 
 
Untuk gelaran keduanya ini, Men's Health sebagai penyelenggara bekerjasama dengan Rexona yang mengusung semangat Do More. Memoria Dwi Prasita, Senior Brand Manager Rexona mengungkapkan urbanathlon merupakan kompetisi lari yang menuntut seseorang untuk berbuat lebih dalam menaklukkan banyak tantangan. Ini sesuai dengan semangat yang diusung Rexona dalam kampanye yang terus menerus mereka galakkan. 
 
Urbanathlon 2013 terbagi atas lima kategori, yakni kategori umum pria (18-40 tahun), kategori umum wanita (di atas 18 tahun), kategori senior (pria di atas 40 tahun), kategori atlet/profesional), dan kategori tim (terdiri dari tiga orang peserta di atas 18 tahun). Para pemenang dari setiap kategori akan mendapat hadiah dan bagi setiap mereka yang sampai garis finish mendapatkan medali finisher MH Urbanathlon. 
 
Berawal dari New York AS, Urbanathlon berkembang dan diselenggarakan di berbagai negara. Selain di Eropa, untuk Asia juga pernah digelar di Singapura dan Manila. Dua tahun lalu, para peserta, untuk kategori atlet bisa menuntaskan Urbanathlon dalam waktu 40 menit, sementara kategori biasa 60 menit. 
 
Sampai saat ini, sudah terdaftar 1200 peserta dan ditargetkan mencapai 1500 orang. Pendaftaran masih dibuka sampai 5/9/2013 dengan info lebih lanjut di www.menshealth.co.id/urbanathlon. *
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com