Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Penata Rambut Harus Kreatif, Cepat dan Mawas Tren

Kompas.com - 30/09/2013, 17:17 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Kompas.com - Di belakang layar suatu pagelaran busana, terdapat banyak talenta yang turut terlibat agar acara senantiasa berjalan lancar dan sesuai rencana. Selain model, perancang busana, dan koreografer, terdapat satu profesi yang memiliki andil sangat besar, yaitu hairdresser (penata rambut).

Fungsi seorang penata rambut dalam pagelaran busana terbilang krusial dan salah satu ‘pemain’ utama! Tanpa kehadiran seorang penata rambut, pagelaran busana bisa jadi berjalan tawar, alias tidak berkesan sama sekali. Mengapa demikian? Ini karena keahlian para pakar penata rambut yang mampu menyempurnakan tampil suatu busana yang dikenakan oleh sang model!

Untuk menjadi seorang penata rambut profesional, seseorang harus memilikii beberapa keahlian dasar yang dibutuhkan dalam suatu pagelaran busana, seperti cutting, teknik meluruskan rambut, menata rambut dengan gaya unik dan blow.

Menurut Indra Tanudarma, Education Manager L’oreal Professionel, sebelum seorang penata rambut ikut serta dalam fashion show, mereka harus dilatih terlebih dahulu untuk pengetahuan dasar, dan kegiatan ini juga berguna untuk mendeteksi kekuatan mental mereka.

“Tak banyak dari mereka yang mampu menghadapi hiruk pikuk yang terjadi di backstage. Dan yang paling penting mereka juga mau belajar, selain itu mereka juga harus kuat mental,” paparnya saat ditemui KompasFemale beberapa waktu lalu.

Makanya nanti, dalam pelatihan yang diadakan oleh L’Oreal Professionnel dalam pencarian Hairdresser Hunt, akan diajarkan segala teknik agar mereka cepat mengadaptasi dan mengaplikasikan keahlian mereka. Sebab, suasana backstage tak bisa diprediksi, jadi kecekatan dan kecepatan harus dimiliki oleh para hairdresser.

“Dan dalam pelatihan itu pun akan diketahui kemampuan mereka sesuai dengan levelnya, dan kita bisa tahu akan mengalokasikan mereka ke posisi yang dibutuhkan” ia menambahkan.

Kebutuhan dasar dalam penataan rambut yang harus tersedia adalah foam, coticle oil yang berfungsi untuk mengilapkan rambut, playball wax, dan hair spray. Meski untuk membuat satu gaya rambut tidak dibutuhkan banyak, akan tetapi semua produk itu harus siap sedia disamping mereka.

Bahkan menuru Indra, dalam satu hari di mana terhelat 10 pagelaran busana, produk penataan rambut bisa mencapai lebih dari 100 macam. Kemudian, dibutuhkan juga kreativitas seorang penata rambut yang benar-benar menguasai bidangnya, sebab bisa saja terjadi kondisi di mana menata rambut seorang model hanya dalam waktu 5 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com