Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pakaian di Lemari Selalu Tak Cocok di Hati?

Kompas.com - 01/10/2013, 11:30 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com - Kita semua pasti pernah melakukannya, berjalan ke lemari pakaian melihat seluruh isi lemari dan merasa tidak ada satu pun pakaian yang cocok dengan hari Anda saat itu. Anda pun mulai panik tanpa alasan dan berpikir untuk segera membeli pakaian baru.

Penelitian menunjukkan bahwa ciri khas lemari pakaian wanita antara lain selalu penuh sesak dengan 107 item pakaian yang berbeda. Namun setidaknya sekali dalam seminggu ada dilema dalam diri mereka karena merasa tak memiliki pakaian yang cocok untuk dikenakan.

Padahal kebanyakan wanita baru mengenakan satu item pakaian ketika tidak ada pilihan pakaian lain yang dirasa cocok. Alasan lainnya, ternyata pakaian mereka mulai terlalu ketat, terlalu besar, belum dicuci, dan terlalu berkerut. Tak heran jika isi satu lemari masih dirasa kurang. Bahkan studi ini menemukan, rata-rata wanita percaya 36 persen dari pakaian mereka tidak nyaman digunakan, dan yang lainnya tidak akan dipakai lagi.

Rachal Hutchenson , juru bicara dari Sharps Bedroom, yang menugaskan penelitian ini mengatakan,  ''Semua wanita menjerit dalam hati kalau mereka tidak punya pakaian untuk dikenakan.”

Menurutnya, wajar bagi seorang wanita untuk panik ketika tidak ada pakaian di lemari yang cocok untuk acara yang akan dikenakan. Banyak juga wanita yang menganggap lebih dari sepertiga isi lemarinya tidak cocok dengan penampilan yang ingin ditampilkan.

“Kita semua pasti memiliki pakaian yang cocok atau yang tidak sesuai dengan kita, tidak seperti dahulu ketika membelinya. Tapi, untuk menyingkirkan begitu banyak item pakaian yang tidak terpakai, sebaiknya Anda mulai mengatur dengan jelas pakaian Anda sesuai dengan fungsi dan tren fashion yang sedang berjalan,” imbuhnya.

Meski mayoritas wanita sering membuat perencanaan busana apa yang akan dikenakan esok, tapi di pagi hari mereka sering berubah pikiran dan merasa tidak bisa menemukan pakaian yang cocok. Mereka juga sering menghabiskan waktu lama untuk mencocokkan pakaian dan aksesoris.

Karena sering kesulitan menemukan baju yang pas dari lemari pakaian, tak sedikit wanita yang kesal jika menerima undangan yang mencantumkan dress code tertentu. Kalau sudah begini, biasanya mereka akan membeli pakaian baru.

Padahal, jika kita mau teliti dan tidak terburu-buru, cukup sering kita menemukan pakaian yang "hilang" ternyata berada di ujung rak atau bagian belakang lemari yang hampir terlupakan.

Rachal Hutchenson menambahkan, kebanyakan lemari pakaian wanita berantakan, tidak heran jika mereka harus berjuang untuk menemukan sesuatu untuk dipakai. “Perlu pengorbanan untuk mau mengatur secara rapi pakaian yang Anda miliki di lemari. Pisahkan antara pakaian pesta, kerja, dan sehari-hari. Dengan begitu Anda akan melalui pagi hari Anda dengan baik, karena pakaian dan aksesoris tersusun dengan rapi,” ia menjelaskan.

Alasan kuat mengapa banyak pakaian yang tidak cocok untuk Anda :

1 . Terlalu ketat

2 . Pakaian tidak mencerminkan suasana hati hari ini

3 . Terlalu besar

4 . Ada noda di pakaian

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com