Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2013, 10:24 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber idiva

KOMPAS.com - Tinggal satu rumah tapi masing-masing sibuk sehingga minim komunikasi bisa membuat hubungan dengan suami "dekat tapi jauh di hati". Jangan biarkan kondisi ini berlarut-larut karena bisa menjadi ancaman bagi perkawinan.

Bagaimana pun karier adalah penunjang bagi masa depan keluarga. Meski begitu, Anda berdua bisa menyiasati agar kemesraan dengan suami tetap awet. Di antara kesibukan yang padat, Anda bisa melibatkan pasangan untuk melakukan hal-hal kecil namun efektif untuk menguatkan ikatan.

1. Bersiap-siap bersama
Salah satu drama rumah tangga yang terjadi setiap hari adalah kesibukan mencari baju yang akan dipakai hari ini. Nah, daripada selalu buru-buru, ada baiknya untuk menyiapkannya malam sebelumnya bersama si dia. Cara ini akan membantu mengurangi "kerusuhan" setiap pagi. Anda juga dapat meminta pendapat pasangan mengenai cocok tidaknya padanan busana yang akan dikenakan sehingga ia merasa lebih dihargai.

2. Cek jadwal Anda
Jika Anda dan pasangan sama-sama sibuk bekerja, maka ceklah jadwal Anda berdua dan tandai kalender untuk mencari jadwal kosong yang bersamaan. Kalau jadwal sudah cocok, tandai kalender Anda dan rencanakan liburan romantis.

3. Mengerjakan pekerjaan rumah bersama
Setiap pulang kerja, pasti ada saja pekerjaan rumah yang belum dikerjakan. Misalnya, mencuci piring, masak dan lainnya. Daripada selalu bertengkar karena merasa suami tidak melakukan apa-apa, kenapa tak coba kerjakan bersama? Saling membantu mengerjakan pekerjaan rumah juga bisa mempererat hubungan Anda dan pasangan loh. Selain itu pekerjaan juga lebih cepat selesai sehingga lebih banyak waktu untuk bersantai berdua.

4. Merencanakan anggaran bulanan
Siapa bilang mengatur keuangan bulanan rumah tangga itu memusingkan? Coba ambil sisi baiknya, dengan mengatur keuangan bersama-sama, Anda justru bisa lebih lama berduaan dengannya. Positifnya lagi, Anda tidak akan melewatkan tagihan sekecil apapun karena si dia bisa membantu mengingatkan Anda.

Tak cuma itu, cara ini akan membantu Anda menghindarkan diri dari konflik keuangan antar pasangan. Ingat, uang adalah salah satu penyebab pertengkaran pasangan yang paling umum.

5. Sisakan waktu 10 menit setiap hari
Selalu sibuk tiap hari? coba saja trik ini. Sisihkan waktu minimal 10 menit setiap harinya untuk membersihkan rumah. Pasang alarm untuk membatasi waktu bekerja ini. Jika Anda dan si dia punya komitmen yang sama melakukan ini, maka bisa jadi di akhir waktu membersihkan rumah ini, Anda bisa punya waktu santai berdua.

cara ini juga akan membantu menyicil pekerjaan rumah yang biasa dilakukan saat akhir pekan. Dengan begini, waktu akhir pekan Anda bisa dihabiskan dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan berdua tanpa gangguan pekerjaan rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com