Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Sifat Balita yang Perlu Dihadapi dengan Kesabaran

Kompas.com - 19/11/2013, 13:11 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber parentdish

Kompas.com — Tingkah laku balita memang luar biasa, bahkan terkadang membingungkan dan di luar logika. Berikut adalah 7 sifat para balita yang kadang membuat kita gemas dan harus lebih sabar menghadapinya.

1. Tidak punya takut
Anak-anak sebenarnya bukan pemberani dan mereka juga tidak perkasa. Justru mereka bersikap irasional dan tidak punya rasa takut. Ini mereka tunjukkan dengan tak segan menarik buntut kucing atau meluncur dari tempat tinggi. Tetapi jangan khawatir, ini merupakan bagian dari perkembangan mereka. Selama hal itu aman, biarkan ia mencoba.

2. Mengucapkan apa yang dipikirkan
Balita memang belum bisa memilah sehingga jika mereka berpikir sesuatu, mereka akan mengatakan hal tersebut. Ini terkadang membuat orangtua malu, terutama karena balita sering berkata dengan suara kencang di tempat umum. Ini adalah tahapan anak belajar kapan harus mengatakan sesuatu, pada siapa, dan di mana.

3. Tidak punya konsep waktu
Anda bisa saja bosan memberitahunya bahwa sekarang masih subuh dan sebaiknya ia tidur lagi. Tetapi ketika ia mengatakan "sekarang" dan sudah terbangun, ia berharap orang lain juga melakukannya.

Biasanya anak baru memahami konsep waktu saat ia berusia empat tahun. Pada saat itu anak juga sudah bisa tidur nyenyak di malam hari dan terjaga lebih lama di siang hari.

4. Terikat pada benda aneh
Jika ia diminta memilih beberapa benda indah dan mahal yang sudah Anda berikan, ia justru memilih benda-benda usang, rusak, dan terus menyimpannya. Sebenarnya ia sedang menunjukkan kemandiriannya bahwa ia juga punya pilihan sendiri.

5. Susah makan
Memang tidak semua anak susah makan, tetapi sebagian besar anak memiliki pilihan sendiri terhadap apa yang ingin diasupnya. Dan ini membuat gemas orangtua karena mereka cenderung memilih makanan yang itu-itu saja dan menutup mulut untuk sayuran.

6. Senang memencet tombol
Rasanya mereka selalu sibuk menyentuh setiap benda dan memencet semua tombol yang dilihatnya. Kebiasaannya itu sebenarnya bagian dari eksplorasinya terhadap dunia di sekitarnya. Amankan benda-benda elektronik yang berbahaya di sekitarnya agar ia tetap bisa memuaskan rasa ingin tahunya dengan aman.

7. Sering sok tahu
Bukan cuma "ngeyel", balita juga terkadang sangat keras kepala dan seolah ingin menguji kesabaran Anda dengan melakukan hal-hal yang dilarang. Jangan cemas, dengan membuat kesalahan balita akan belajar banyak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com