Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2013, 07:19 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com - Senyuman tulus Anda tentu akan tampak lebih memesona jika kondisi gigi rapi dan bersih. Karena itulah banyak orang yang rela merogoh kocek untuk melakukan perawatan pemutihan gigi di dokter gigi. Sebenarnya kita juga bisa menjaga "putihnya" gigi dengan cara-cara alami.

Peta Leigh, seorang ahli pemutihan gigi memberikan tipsnya untuk mendapatkan senyum gigi putih bersih yang praktis dan aman.

Makan Apel

Makanan berserat ternyata bisa membantu membersihkan gigi. Contohnya buah apel yang sering disebut sebagai sikat gigi alami. Karena itu jika setelah makan siang Anda tak sempat menyikat gigi, ambilah satu buah apel atau wortel mentah.

Konsumsi kalsium

Kalsium bukan hanya menguatkan gigi, tapi juga membuatnya tampak putih. Sumber kalsium yang bisa kita konsumsi antara lain susu atau keju.

Air putih

Air tidak hanya penting untuk kesehatan secara keseluruhan pada tubuh, tapi juga bagi kesehatan mulut. Air merupakan pembersih alami terutama menghilangkan bakteri serta residu yang tersisa pada gigi setelah makan.

Netralkan asam

Permen karet juga sangat bermanfaat untuk mempertahankan gigi putih. Permen karet membantu membersihkan gigi secara mekanis dengan menghapus sisa-sisa makanan dan merangsang produksi air liur. Seperti diketahui liur mampu menghilangkan bakteri dalam mulut.

Berhenti merokok

Pilihan gaya hidup juga dapat mempengaruhi kesehatan gigi. Rokok merupakan salah satu penyebab terbesar dari pembusukan gigi dan perubahan warna pada gigi. Nikotin dan tar dalam rokok membuat gigi berwarna gelap serta kehilangan warna putih alami mereka.

Benang gigi

Tentu tak sedap di pandang jika di antara gigi terselip sisa makanan. Karena itu bersihkan gigi secara seksama, salah satunya dengan menggunakan benang gigi secara rutin. Proses pembersihan gigi ini juga efektif mengurangi timbunan plak di gigi.

Hindari makanan berwarna gelap

Makanan yang berwarna gelap juga terkenal bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi Anda. Karenanya, hindari makanan dan minuman seperti kopi, cuka dan red wine. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com