Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Sikh dan Muslim Memuji Iklan Terbaru Ritel GAP

Kompas.com - 17/12/2013, 07:00 WIB

KOMPAS.com – Lewat kampanye promo terbarunya, merek fesyen ritel, GAP, menyebarkan pesan positif  mengajak penduduk dunia untuk selalu saling mengasihi antarsesama. Tanpa diduga sebelumnya, ternyata iklan tersebut mendapatkan pujian dari umat Sikh dan Muslim.

Dengan jargon “Make Love”, GAP menampilkan aktor sekaligus perancang perhiasan yang menganut Sikh, Waris Ahluwalia. Pada beberapa frame, Waris disandingkan dengan seorang model perempuan putih.

Seperti kampanya-kampanye sebelumnya, kampanye iklan terbaru GAP ini juga dihelat secara akbar dengan memasangnya pada beberapa bilboard dan ruang publik yang banyak dilalui orang, salah satunya adalah stasiun kereta bawah tanah.

Namun sayangnya, iklan GAP ini sempat menjadi bulan-bulanan publik, salah satunya dengan mencoret kalimat “Make Love” dan digantikan dengan “Make Bombs”. Tak sampai di situ, tangan-tangan jahil tersebut juga menuliskan “Please stop driving Taxis” tepat di samping wajah Waris.

Tak ingin kondisi semakin memanas, Senior Editor dari The Islamic Monthly, Arsalan Iftikhar, mengabadikan iklan GAP yang telah rusak tersebut untuk kemudian diunggah ke dalam akun Twitter. Ternyata, tweet Arsalan segera ditanggapi oleh GAP dengan menanyakan lokasi iklan yang telah dicoret-coret tersebut.

Percaya bahwa kampanye yang mereka angkat tidak memiliki niatan dan tujuan yang negatif, GAP menunjukkannya dengan mengganti foto pada akun Twitter dengan iklan yang menampilkan Waris tersebut. Menurut pihak GAP, langkah ini untuk menunjukkan dukungan dan solidaritas mereka terhadap perbedaan yang sebenarnya bisa dipersatukan dengan cinta!

Komitmen GAP  menebarkan pesan lewat iklan terbarunya tersebut dipuji oleh penganut Sikh dan Muslim. Karena, baru kali ini lah merek fesyen ritel sebesar GAP menggunakan model dengan ragam ras dan latar belakang.

“Memilih seorang model dari kaum Sikh, Anda semua telah meningkatkan citra positif Sikh melalui cara yang tidak mungkin dicapai oleh kami karena kondisi minimnya saluran komunikasi. Kami merasa telah diuntungkan dengan adanya iklan GAP, sebab strategi pemasaran kalian menguntungkan dan membuat kami semakin diperhatikan”, tulis pernyataan komunitas Sikh pada pihak GAP, seperti yang dikutip dari Huffington Post.

Waris Ahluwalia sendiri adalah sosok inspiratif bagi umat Sikh, karena prestasi dan penampilannya yang selalu dinobatkan menjadi pakaian terbaik oleh lingkup industri fesyen dan seni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com