Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jas dan “Sneakers”, Padanan Busana Pria yang Digemari Wanita

Kompas.com - 20/01/2014, 08:09 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Paduan jas dengan sepatu kasual seperti sneakers, merefleksikan karakter pria modern, kreatif dan kasual. Mereka adalah pria yang menjalani hidup sesuai rencana, sekaligus menikmatinya dengan pikiran yang terbuka dan memiliki hasrat terhadap hal-hal yang dinamis.

Padu padan jas dengan ukuran yang tepat dapat membuat seorang pria tampak lebih menawan, juga mampu mencuri perhatian wanita. Tapi, bukan berarti ketika pria mengenakan kemeja atau kaus dengan jins, mereka jadi terlihat membosankan.

Namun lebih kepada kenyataan, bahwa hanya jas lah jenis busana pria paling efektif dalam mendefinisikan pribadi pria yang cerdas, mapan dan bertanggung-jawab, tiga hal dari pria yang didamba oleh nyaris seluruh wanita di dunia. Maka dari itu jangan heran, ketika seorang pria yang mengenakan jas mudah mendapatkan atensi wanita, dibandingkan yang hanya mengenakan denim dan kaus polo.

Menurut complex.com, tren jas dan sneakers ini dipelopori oleh para aktor dalam film serial televisi “Entourage”, di mana Adrian Grenier, sang bintang utama sering terlihat mengenakan padanan ini, sembari menikmati waktu dengan sekumpulan wanita yang mengelilinginya, tentu saja. Meskipun dicap mendobrak aturan, namun menurut para perancang busana, jas dan sneakers merupakan pelanggaran mode yang menggairahkan 

Kanye west, Robert Downey,Jr, Robin Thicke, Guy Ritchie hingga idola remaja Justin Bieber, mereka adalah daftar selebriti yang sering “tertangkap” mengenakan jas dan sneakers, bahkan saat menghadiri gelaran formil sekali pun.

Bila dilihat dari padu padan yang benar dan tepat, apakah tren ini patut dipertahankan? Seperti dikutip dari simplydapper.com, jas dan sneakers telah merusak aturan berbusana yang sesungguhnya. Namun zaman sekarang, tren berkembang bukan berdasarkan apa yang terlihat necis dan sesuai dengan etika yang ditaati, tapi lebih kepada kenyamanan orang yang mengenakannya. Pemikiran yang demikian, diduga yang mengawali “lahirnya” kode busana jas dan sneakers untuk kali pertama.

Pada laman Psychology Today, Jennifer J. Baumgartner, Psy.D, menguraikan penelitiannya mengenai bagaimana mengungkap karakter pria lewat cara mereka berbusana. Dari hasil wawancara dengan sejumlah partisipan pria dan wanita, akhirnya terangkum informasi menarik, bahwa kaum wanita senang melihat pria yang mawas akan penampilan namun dengan cara yang tidak berlebihan. Lebih lanjut, menurut mereka, jas dan sneakers adalah padanan yang mampu menonjolkan gaya yang diinginkan wanita pada pria, rapi, trendi tapi tetap maskulin!

Bila Anda bekerja pada perusahaan yang bergerak pada industri kreatif,  maka Anda bisa menerapkan paduan jas linen bersama sneakers. Aturan yang harus Anda ingat adalah jika jas Anda berwarna gelap, padukanlah dengan sepasang sneakers berwarna terang, begitu juga sebaliknya. Namun, syarat lain yang wajib Anda aplikasikan, pastikan sneakers masih dalam kondisi bersih dan prima.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com