Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2014, 10:54 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber dailymail
KOMPAS.com - Celana denim atau jeans adalah salah satu busana yang wajib dimiliki. Walau bahan jeans identik dengan kesan casual, tetapi celana jeans juga bisa tampil lebih berkelas dengan padanan yang tepat.

Namun terkadang cukup sulit menemukan celana jeans yang benar-benar sesuai dengan bentuk tubuh. Bahkan 6 dari 10 perempuan mengaku berjuang keras untuk menemukan celana yang tepat. Sedangkan 4 dari 10 perempuan mengaku bahwa mereka seringkali membeli celana yang terlalu ketat.

Menurut pemilik butik jeans, Donna Ida Thornton, yang dikenal sebagai "London jeanius", membeli celana jeans tidak harus menjadi mimpi buruk. Berikut beberapa panduan membeli celana jeans sesuai dengan bentuk tubuh Anda.


dailymail ilustrasi

1. Pear shape
Perempuan dengan tubuh seperti ini biasanya memiliki kendala pinggul yang besar. Untuk menyeimbangkan bentuk tubuh agar terlihat lebih proporsional hindari memilih skinny jeans. Dengan jeans ini bokong akan terlihat sangat besar. Sebaiknya, pilihlah celana dengan pipa lurus atau mungkin cut bray.

Bagi pemilik bentuk tubuh pir, Donna menyarankan untuk memilih celana jeans dengan pinggang yang tinggi. Ini akan membantu mengalihkan perhatian pada perut yang kecil. Pipa lurus atau melebar di bawahnya, akan menciptakan siluet yang sempurna.

2. Petite (kecil)
Perempuan bertubuh kecil biasanya memiliki proporsi tubuh yang bagus, hanya saja lebih kecil. Jeans dengan pinggang tinggi (high waist) akan memberikan ilusi kaki yang lebih panjang dan ramping. Celana boot-cut juga akan menambah bentuk unik dari tubuh Anda. Hindari memilih flare yang berlebihan, karena akan membuat tubuh Anda terlihat kerdil.

3.  Boyish
Perempuan dengan karakter tubuh yang boyish (mirip laki-laki) ini biasanya memiliki pinggul yang langsing dan bagian perut yang rata. Sebenarnya tubuh seperti ini bisa cocok dengan semua bentuk jeans. Namun agar tak terlalu terlihat kurus atau polos, maka sebaiknya tambahkan lebih banyak bentuk dan volume. Misalnya dengan menggulung pergelangan kaki agar lebih berisi.

4. Apple shape
Bentuk tubuh apel akan memiliki kaki yang ramping, namun sayangnya bagian pinggang dan perutnya cukup berisi. Bentuk celana yang paling tepat untuk bentuk tubuh ini adalah potongan celana klasik "mum tum". Celana ini mirip seperti celana skinny hanya saja tidak terlalu ketat di bawahnya. Celana ini akan menonjolkan bentuk kaki Anda yang ramping dan mengalihkan perhatian dari lingkar pinggang yang besar.

5. Kaki Panjang
Perempuan berkaki panjang biasanya tak memiliki terlalu banyak lemak di tubuh. Selain itu biasanya tak memiliki lekuk pinggang. Donna menyarankan untuk memilih jeans skinny untuk menonjolkan bentuk pinggang. Jeans terbaik untuk si kaki panjang adalah jeans pinggul. Ini akan membuat kaki Anda terlihat lebih proporsional. Celana jeans high waist akan semakin membuat kaki lebih panjang dan memendekkan bagian tubuh atas Anda.


 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com