Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2014, 16:03 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber LiveStrong

Kompas.com — Jalan untuk mencapai tubuh ramping dan kencang tidak bisa ditempuh dengan program olahraga yang panjang dan pelan. Tidak juga hanya melakukan olahraga bersepeda atau naik tangga.

Menurut Shawn Arent, ahli ilmu olahraga dari Rutgers University, banyak orang yang ingin menurunkan berat badan melakukan kegiatan olahraga yang keliru.

"Banyak orang hanya melakukan kardio yang lambat karena mengira itu adalah cara yang tepat untuk membakar lemak," katanya.

Arent mengatakan, kardio memang membakar lemak tetapi jumlahnya hanya sebanyak persentase total kalori yang dibakar. Karena kalori yang dibakar sedikit, ini berarti jumlah lemak keseluruhan yang dibakar juga sedikit.

"Kardio yang lambat hanya membakar sedikit kalori," jelas spesialis olahraga kekuatan Craig Ballantyne.

Lebih dari itu, tidak seperti kebanyakan latihan yang pembakaran kalorinya tetap berjalan setelah kita selesai berolahraga, sesi berlatih kardio yang tidak efisien akan berhenti membakar lemak begitu kita berhenti olahraga.

Program latihan yang disarankan untuk membakar lemak lebih banyak adalah campuran antara latihan kekuatan dan interval kardio. Dalam latihan ini olahraga dilakukan dengan periode tinggi, tetapi memiliki waktu istirahat sedikit selama jeda olahraga.

Olahraga jenis ini akan membangun otot, terutama otot yang akan membakar lemak dan kalori. Dengan demikian, kalori yang dibakar lebih banyak dalam waktu singkat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com