Rabu, 23 April 2014
Tren Rambut dan Make Up 2012:
Tampil Lebih Berani Tetap Alami
Jumat, 30 Desember 2011 | 17:01 WIB
|
Share:
IRWAN TEAM

Gothia-Irwan Team Hairdesign Collection 2012. Kiri-kanan: Angelic Fairy, Dazzling Fairy, Classic Fairy.

KOMPAS.com - Jelang pergantian tahun, pelaku industri kecantikan berlomba mengenalkan tren 2012 untuk tata rambut dan make up. Penata rambut, make up artist, juga produsen kosmetika satu persatu merilis koleksi 2012. Masing-masing menawarkan kreasi baru dengan ciri khas yang menjadi pembeda satu dengan lainnya. Meski berbeda, ragam koleksi 2012 ini mengerucut pada satu kesamaan, yakni memberikan inspirasi untuk berani tampil beda dengan gaya personal yang khas namun tetap menonjolkan sisi natural dalam berpenampilan.

Jika bicara gaya, tentunya kembali kepada selera. Pada 2012, pilihan tren gaya rambut dan warna make up tersedia lebih beragam. Untuk gaya rambut misalnya, satu koleksi bisa mencapai 10-12 pilihan. Begitu pun dengan tren warna tata rias wajah, warna hangat yang natural selalu hadir tiap tahunnya, namun juga tersedia pilihan warna make up yang lebih terang bagi mereka yang berani tampil beda. Pilihan gaya lebih banyak tersedia pada 2012, untuk membantu Anda menemukan gaya personal yang khas sesuai kepribadian, gaya hidup, juga warna kulit perempuan Indonesia.

Rambut pendek ekstrem dan model bob
Jika merujuk pada berbagai koleksi gaya rambut 2012, para penata rambut Indonesia sepertinya ingin memenuhi berbagai kebutuhan perempuan Indonesia, yang berbeda satu dengan lainnya. Namun memang, gaya rambut pendek, bahkan cenderung ekstrem, mendominasi koleksi gaya rambut 2012. Meski begitu, bagi Anda yang masih setia dengan potongan rambut panjang, bukan berarti gaya ini ketinggalan zaman. Rambut panjang dan medium tetap jadi pilihan, namun lebih eksploratif dalam hal penataan dan pewarnaan.

Penata rambut berpengalaman 43 tahun Rudy Hadisuwarno mengatakan, potongan rambut pendek akan mendominasi gaya rambut perempuan ke depan. "Perempuan masa kini juga cenderung lebih berani mengekspresikan diri, dengan tatanan rambut yang ekstrem," kata Rudy saat meluncurkan tren tata rambut 2012 "En Amour", dengan 10 gaya potongan dan tata rambut berkonsep Elegan-Ekstrem di Jakarta.

Rudy Hadisuwarno dan tim mencipta 10 pilihan koleksi gaya rambut En Amour, kebanyakan untuk rambut pendek namun tak meninggalkan pilihan gaya rambut medium dan panjang. Potongan medium bob tetap menjadi tren rambut ke depan. Potongan ekstrem pendek dengan poni, juga gaya sanggul model lilitan Perancis menjadi andalan tren rambut 2012 Rudy Hadisuwarno.

Gaya yang bebas, segar, muda, menjadi inspirasi tren rambut Gothia dari Irwan Team Hairdesign untuk 2012. Pendiri Irwan Team Hairdesign, Irwan Rovani, memberikan 12 pilihan gaya dan tata rambut untuk 2012. Lagi-lagi, potongan rambut pendek mendominasi dengan ragam pilihan gaya untuk mereka yang dinamis, funky namun tetap girly. Irwan juga menilai model rambut bob untuk potongan rambut medium akan menjadi tren 2012 nanti.

Penataan dan pewarnaan dramatis
Dramatis, inilah satu kata yang mewakili berbagai kreasi penataan dan pewarnaan rambut untuk tren 2012. Para penata rambut lebih berani berkreasi dalam penataan dengan berbagai model potongan. Apapun potongan rambut Anda, seperti apa pun teksturnya, apakah lurus atau keriting, penataan rambut pada 2012 memberikan lebih banyak variasi gaya dengan kesan dramatis namun tetap menonjolkan sisi alami sosok perempuan.

Matrix misalnya, brand ini mengenalkan konsep Dual Voltage, yakni konsep penataan rambut tinggi dan rendah terinspirasi dari tegangan listrik. Melalui hairdresser ambassador Matrix Indonesia, Rudy Hadisuwarno dan Gunawan Hadisuwarno, juga Jules Tognini, hairdresser asal Australia, tatanan rambut tegangan listrik ini dapat diaplikasikan secara berbeda di berbagai gaya potongan rambut, baik pendek, panjang, medium bob.

Tujuannya, untuk memberikan aneka gaya penampilan sesuai selera. Mulai gaya rambut lebih bergelombang yang bervolume, mengubah tekstur rambut berubah menjadi lebih drastis, memberikan kesan glamor untuk rambut keriting, juga kesan berani, seksi, dan menantang. Bahkan Anda dapat tampil ala rocker dengan tata rambut ini. "Prinsipnya, tren ini bisa untuk semua bentuk wajah, hanya perlu dilakukan teknik potongan rambut dan penataan yang menyeimbangkan bentuk wajah," jelas Rudy.

Sementara  L'Oreal Professionnel mengangkat konsep penataan dan pewarnaan rambut yang menonjolkan dua sisi perempuan sekaligus, sisi Wild-Pure. Konsep ini kemudian diterjemahkan melalui tiga koleksi kreasi penataan dan pewarnaan rambut Autumn Winter Collection 2011/2012 L'Oreal Professionnel, oleh Andy Lie, Arie Hidayat dan Bambang Harryono, dan Irwan Rovani Doke. Lagi-lagi, tren penataan dan pewarnaan rambut 2012 memberikan lebih banyak pilihan untuk semua tipe rambut dan karakter perempuan.

Andy Lie, penata rambut yang berkiprah sejak 1985 misalnya, mencipta kreasi dengan warna dasar mahogany brown, dipadukan highlight copper blonde, untuk perempuan Indonesia berkulit sawo matang, berjiwa modern, dan aktif. Arie Hidayat dan Bambang Haryono, pemilik Arie & Harry Salon Bridal Surabaya dan Bali ini punya pilihan lainnya. Menurutnya, nuansa rambut berwarna coklat kemerahan tepat diaplikasikan pada tipe perempuan Indonesia dengan wajah oriental. Sementara Irwan Rovani Doke menciptakan kreasi menggunakan warna dasar dark golden blonde, dipadukan highlight very light copper blonde. Kombinasi warna keemasan ini ditujukan untuk perempuan Indonesia berwajah kaukasia dengan kulit cenderung lebih cerah.

Secara terpisah, Rudy Hadisuwarno berpendapat, pilihan warna rambut seperti silver, abu, matte, kehijauan, menyertai tren rambut 2012. Ia melanjutkan, warna kemerahan tetap menjadi pilihan tahun depan, karena warna inilah yang cocok untuk karakter kulit perempuan Indonesia. Sementara menurt Arie, selain warna kemerahan, warna tembaga juga tepat diaplikasikan di Indonesia.

Tata rias wajah natural
Tren gaya rambut berjalan beriringan dengan tren warna tata rias wajah. Untuk tren make up, warna hangat seperti coklat, oranye, juga warna pastel seperti hijau muda, biru muda akan digemari 2012 nanti.

Untuk menyesuaikan dengan tata rambut yang semakin ekstrem dan berani, make up artist Bambang Harryono menyarankan, "Sebaiknya menggunakan make up natural, warna tanah, namun tetap berkarakter. Aplikasikan smoky eyes, alis yang disikat dengan maskara, dan eyeshadow natural."

Tren warna make up 2012 juga dihadirkan Sariayu Trend Warna 2012 Etnika Nusa Tenggara melalui dua koleksi, Bena dan Kelimutu. Koleksi Bena-Eastern Gala menonjolkan bias warna natural dan hangat, seperti coklat dan oranye, untuk gaya riasan alami. Sementara koleksi Kelimutu-Misty Blue, memberikan nuansa kemewahan dengan paduan warna sejuk, toska, biru gelap, dan hijau muda. Dua pilihan warna make up ini juga berusaha memenuhi kebutuhan perempuan yang berbeda, tampil alami dengan warna hangat, atau tampil menonjol namun tetap natural dengan warna-warna lebih berani.

Baca juga:
4 Kiat Mengikuti Tren Rambut
Aplikasi Tepat Tren Rambut
Tren Rambut 2012: Tebal dan Bervolume

Penulis :
Wardah Fazriyati
Editor :
wawa