Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2014, 16:22 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Womans Day


KOMPAS.com - Pekerjaan yang menumpuk di kantor, email yang harus dibalas dan telepon yang kerap berdering di jam-jam sibuk, pasti membuat tingkat stres melonjak pesat. Jika sudah begini, rasanya ingin pulang dan tidur di rumah.

Namun, kenyataanya Anda tak bisa langsung pulang karena tumpukan kertas kerja yang masih menumpuk. Alhasil, diri jadi lebih kusut dan pusing. Anda cuma bisa duduk, bersandar dan merebahkan kepala di sandaran kursi. Lalu, apakah dengan demikian stres langsung hilang? Sayangnya tidak.

Tahukah Anda, ternyata cara duduk di depan meja kerja bisa membuat tubuh serta pikiran semakin stres. Terutama posisi duduk dengan tubuh bersandar dan merosot di kursi yang mencerminkan ciri-ciri seorang pemalas, bisa membuat punggung dan leher lekas pegal. 

Nah, sebaiknya ubahlah kebiasaan buruk tersebut, dengan mengganti posisi duduk yang benar. Duduklah dengan punggung tegak, kepala jangan menunduk, bahu dan dada rileks, serta letakkan telapak kaki di lantai. Meskipun tegak, usahakan posisi tubuh santai.

Agar tidak bertambah stres, cobalah untuk mengembalikan posisi duduk Anda dengan tepat. Duduklah dengan tegak, angkat dagu, turunkan bahu agar santai, letakkan telapak kaki di lantai dan buka dada selebar mungkin. Berusahalah untuk tetap santai namun jaga posisi agar tetap tegak.

Posisi duduk tersebut di atas dapat membantu otak dan bagian tubuh lainnya mendapat asupan oksigen lebih banyak. Sirkulasi oksigen yang lancar dalam tubuh dipercaya bisa membantu tubuh dan pikiran lebih tenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com