Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Perempuan pada ‘Cleanser’ dan ‘Moisturiser’ Menurun Drastis!

Kompas.com - 20/11/2013, 11:02 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Dalam keseharian, ada tiga produk kosmetik yang wajib diaplikasikan oleh perempuan, yaitu cleanser, toner, dan moistruriser. Ketiga produk ini, memiliki khasiat melindungi kulit wajah agar senantiasa bersih dan terawat.

Akan tetapi, belakangan ini, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Superdrug, menunjukkan statistik penjualan terhadap tiga jenis produk perawatan kecantikan tersebut menurun.

Dalam lima tahun terakhir, menurut Superdrug, dari skala satu hingga sepuluh, sekarang permintaan terhadap produk toner ada pada angka satu, padahal sebelumnya menempati posisi enam! Menurut survei ini pun penjualannya terus menurun hingga 10 persen.

Meskipun bermanfaat untuk menyegarkan kulit, setelah seharian terpapar debu dan polusi di wajah. Banyak kaum perempuan sudah melupakan toner dan menggantikannya dengan produk lain yang menawarkan manfaat yang sama, tapi lebih praktis.

Kondisi ini kemungkinan terjadi, karena adanya pergeseran cara membersihkan riasan wajah, jika dulu toner menjadi andalan perempuan, kini mereka lebih memilih menggunakan tisu pembersih dan Micellar Water, yang memiliki fungsi serupa.

Perempuan zaman sekarang, mulai menyadari bahaya kandungan alkohol yang tinggi pada toner  terhadap kulit wajah. Sedangkan tisu pembersih memiliki kandungan alkohol yang cenderung rendah. Sehingga, lebih aman dan risiko terserang alergi pun kecil.

Sementara untuk melembabkan kulit wajah, posisi moisturiser tergeser oleh adanya serum wajah dan facial oil (seperti minyak zaitun). “Industri produk skincare di dunia mengalami pergerakan yang cepat, dengan hadirnya formulasi dan produk baru yang memberikan manfaat lebih efektif,” ujar Jill Flood, Superdrug Own Brand Beauty Brand Manager.

Meski mengalami penurunan, menurut Flood, masih banyak perempuan yang setia menggunakan toner. Walaupun kenyataannya, sudah banyak jumlah perempuan yang beralih ke jenis produk lain, seperti serum, krim mata dan krim anti-aging.

“Mereka yang masih menggunakan tiga jenis produk perawatan kulit seperti cleanser, toner, dan moisturiser, jangan takut akan hilangnya produk ini dari pasaran. Karena industri kecantikan masih tetap akan memproduksinya, meski penjualannya terus menurun,” tandasnya.

Apakah Anda melakukan rutinitas pembersihan kulit wajah yang sama? Atau sudah beralih pada produk perawatan kulit yang lebih efisien?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com