Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Cara Masak Bisa Buat Tubuh Jadi Membengkak

Kompas.com - 02/07/2014, 16:55 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Kelebihan berat badan atau kegemukan dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah kesalahan saat mengolah masakan. Ahli gizi sekaligus penulis buku The One One One Diet, Rania Batayneh, mengutarakan beberapa kesalahan memasak yang menyebabkan tubuh semakin lebar, seperti sebagai berikut:

1. Menggunakan minyak yang salah
Tidak semua jenis minyak dipasaran aman untuk bahan menggoreng. Sebab, ada beberapa jenis minyak yang diklaim sehat tapi nyatanya tidak baik untuk memasak, seperti minyak zaitun. "Ketika minyak memanas melewati titik asapnya, maka asam lemaknya akan terdegradasi. Akibatnya minyak ini akan menjadi racun, radikal bebas dan lemak trans yang berbahaya untuk tubuh," kata Batayneh.

Alih-alih dipakai untuk menggoreng, minyak zaitun dan minyak kenari umumnya dimanfaatkan sebagai salad dressing. Sedangkan minyak kelapa, biji anggur, dan bunga matahari boleh dipakai untuk menumis atau memanggang.

2. Memanggang di wajan
Memanggang adalah salah satu metode memasak untuk menjaga makanan Anda rendah kalori. Namun, masalah yang sering muncul, banyak orang memanggang menggunakan wajan, padahal ini cara yang salah. Sebab, cara tersebut dapat membuat lemak daging kembali terserap ke dalam makanan. Nah, jika Anda memanggang dengan menggunakan rak, maka lemak akan menetes ke bawah dan menjauh dari daging.

3. Melupakan rempah-rempah
Sebagai gantinya, jangan lupakan rempah-rempah dapur. Ini akan meningkatkan rasa, dan menambah nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan ke dalam makanan.

“Agar citarasa masakan lebih sedap, umumnya banyang orang menggunakan gula, garam, lemak, dan penyedap rasa. Nah, cara ini meningkatkan jumlah kalori secara dramatis,” ujarnya.  Coba gantilah bumbu penyedap rasa dengan rempah-rempah dapur. Selain masakan tak kalah lezat, juga bisa meningkatkan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan pada makanan.

4. Terlalu banyak minyak
Makanan yang digoreng pastinya terasa renyah dan sehat. Makanan yang mengandung terlalu banyak minyak bisa meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh dengan sangat cepat. "Ketika Anda memasak, minyak itu sebenarnya berfungsi untuk membuat masakan jadi tidak lengket saja," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com